Cara Menghilangkan Jerawat

Cara Menghilangkan JerawatBebasjJerawat.net – Jerawat, adalah masalah yang sampai saat ini bikin banyak orang resah. Jerawat sering kali membuat orang tidak percaya diri, membuat orang minder, bikin penampilan kurang menarik, bahkan jerawat bisa bikin seseorang malu. Belum lagi bila jerawat timbul akibat kesalahan sendiri, hal ini sering membuat sebagian orang menyesal.

Sebenarnya jerawat yang tumbuh tidak perlu dirisaukan, karena hal ini secara alami terjadi. Jerawat muncul akibat adanya reaksi hormon. Biasanya jerawat muncul diusia perpindahan antara usia anak-anak dan remaja. Nah informasi kali ini kita akan membagikan ulasan lengkap mengenai jerawat, penyebab jerawat, solusi hingga cara menghilangkan jerawat. So buat yang punya masalah jerawat ikuti kita sampai akhir yaa, dijamin deh masalah jerawat kalian bisa teratasi.

Apa Sih Jerawat Itu??

Sebelum lanjut keulasan tentang cara menghilangkan jerawat, lebih dulu kita akan membagikan informasi mengenai definisi jerawat. Apa sih jerawat itu ? Yuk kita simak bersama.

Jerawat adalah benjolan kecil yang biasa tumbuh di kulit wajah, sebenarnya jerawat tidak hanya tumbuh di wajah, melainkan juga di daerah tubuh lain seperti pada punggung. Namun mayoritas jerawat muncul di kulit wajah. Jerawat muncul karena adanya penyumbatan pori-pori yang mengakibatkan munculnya benjolan yang berisi nanah dan darah. Biasanya jerawat muncul dengan ukuran yang sangat kecil, namun seringkali kita memencet jerawat yang pada akhirnya menyebabkan kulit iritasi dan meradang hingga menyebabkan jerawat semakin besar.

Meskipun saat memencet jerawat terasa sakit, masih banyak orang yang menggunakan teknik ini agar jerawat kempes, namun Anda harus tahu bahwa cara ini sama sekali tidak dibenarkan dalam kesehatan. Bisa jadi tangan yang Anda gunakan untuk memencet jerawat justru banyak bakteri dan kuman yang akan menginfeksi jerawat Anda. Nah kejadian seperti ini yang membuat kulit wajah Anda penuh dengan jerawat dan luka. Serem juga kan kalo kaya gini ? Well setelah mengetahui jerawat itu seperti apa dan bagaimana, berikut kita bagikan informasi yang tak kalah pentingnya yaitu penyebab jerawat.

9 Penyebab Utama Munculnya Jerawat

1. Timbulnya sel kulit mati
Kulit mati sisa proses metabolisme tubuh terkadang menumpuk di pori-pori kulit. Hal ini terjadi karena serin kali kita tidak sadar bahwa kulit mati yang ada di kulit wajah kita sudah menumpuk, alhasil tumpukan sel kulit mati menyumbat pori-pori kulit dan menyebabkan benjolan yang kita kenal sebagai jerawat.

2. Jerawat masa pubertas
Seperti yang dibahas di uraian diatas bahwa jerawat muncul pada saat masa peralihan anak-anak ke masa remaja dan dewasa. Biasanya orang yang pertama kali mempunyai jerawat diusia 17 tahun. Namun hal ini terkadnag tidak berlaku karena timbulnya jerawat sesuai dengan kematangan fisik seseorang, jerawat juga menjadi indikator bahwa alat reproduksi mulai berfungsi.

3. Pertumbuhan bakteri
Salah satu hal yang menyebabkan timbulnya jerawat adalah bakteri yang disebut dengan propionibacterium acne. Bakteri ini memakan sebum pada pori-pori kulit wajah dan akhirnya menyebabkan luka pada pori-pori dan menimbulkan jerawat akibat kulit wajah yang meradang.

4. Testosteron yang sensitif
Jerawat terjadi tidak hanya untuk kaum perempuan saja, melainkan juga kaum pria. Bila seorang pria mengalami jerawat yang cukup banyak, hal ini dikarenakan hormon tetosteron yang sensitif. Testosteron memicu adanya sekresi dalam kulit dan menyebabkan penyumbatan pada pori-pori kulit, akhirnya muncullah jerawat di bagian kulit wajah.

5. Susu dan glikemik tinggi
Tahukah Anda bahwa susu dan makanan yang mengandung zat glikemik tinggi menyebabkan jerawat bermunculan ? hal ini dikarenakan kandungan gula dalam minuman manis memicu timbulnya jerawat di muka. Meskipun susu baik untuk kesehatan tulang, namun pada kenyatannya susu yang manis dan minuman berglikemik tinggi mengakibatkan kulit berjerawat.

6. Obat
Pada poin 6 obat yang dimaksud adalah obat-obat tertentu yang mengakibatkan seseorang mengalami jerawat. Bisa saja sewaktu Anda sakit epilepsi kemudian Anda mengonsumsi obat, nah pada kasus tertentu seperti ini jerawat bisa saja terjadi akibat adanya reaksi hormon terhadap obat tersebut.

7.  Tidak menghapus make up
Biasanya kaum perempuan sering lupa untuk membersihkan make up setelah bepergian, baik bekerja ataupun setelah pesta. Tahukan Anda bahwa make up yang Anda kenakan bisa memicu timbulnya jerawat ? hal ini dikarenakan iritasi ringan, kulit sangat rentan terhadap kosmetik, jadi untuk menghindari terjadinya jerawat akan lebih baik jika Anda rutin membersihkan wajah dari make up.

8. Stress
Poin ke delapan ini merupakan faktor utama yang menyebabkan jerawat muncul. Bila Anda sedang mengalami tekanan luar biasa, depresi dan stress, maka reaksi yang terjadi adalah peningkatan hormo adrenalin yang menyebabkan timbulnya jerawat pada sebagian kulit wajah.

9. Gesekan pada kulit
Salah satu yang harus Anda tahu adalah jerawat bisa muncul akibat gesekan kulit. Maksudnya terkadang Anda suka menggaruk kulit wajah pada saat wajah terkena debu atau berkeringat, kemudian tangan Anda belum steril dari bakter ataupun jamur, nah kejadian ini juga yang menyebabkan jerawat muncul di wajah. Jadi mulai berhati-hati saat akan menggaruk wajah, gunakan tisu sebagai sarana Anda untuk menggaruk, jangan menggunakan tangan kotor.

Demikian adalah 9 penyebab jerawat di kulit wajah, masih penasaran tentang cara menghilangkan jerawat ? Eits sabar dulu ya, setelah ini kita akan membagikan info mengenai jenis-jenis jerawat, hal ini penting disampaikan mengingat penanganan yang berbeda pada setiap jenis jerawat.

Jenis-jenis jerawat

1. Bintik putih
Jenis jerawat yang pertama adalah bintik putih, jerawat yang satu ini memiliki bentuk kecil dan berwarna putih. Jerawat bintik putih biasanya terdapat dikulit wajah yang berminyak.

2. Komedo
Jenis jerawat yang kedua adalah komedo. Komedo adalah masalah kulit akibat adanya bakteri dan penumpukan sel kulit mati yang berawarna hitam, dan sering terjadi pada kulit berminyak, komedo terletak dibagian samping hidung dan berwarna gelap.

3. Nodul
Nodul adalah jenis jerawat ketiga yang terjadi akibat sumbatan disekitar pori-pori wajah dan menyebabkan kulit infeksi serta terjadinya peradangan, peradangan inilah yang menyebabkan kulit timbul benjolan yang mengandung nanah. Nama lain dari nodul adalah pustula.

4. Kista
Jenis jerawat terakhir adalah kista. Kista adalah benjolan diwajah yang berisi nanah, bila jerawat kista dipencet maka akan menyebabkan bagian kulit wajah lainnya ikut timbul jerawat.

Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami

Yups itu tadi 4 macam jenis jerawat yang sudah kita pelajari bersama, intinya menjaga kesehatan wajah itu adalah kewajiban untuk semua orang dengan semua tipe kulit wajah. Untuk itu setelah ini kita akan bagikan cara menghilangkan jerawat secara alami, dan yang pasti cara ini bisa dilakukan saat Anda dirumah. Berikut adalah cara alami menghilangkan jerawat membandel.

1. Lotion pembersih
Gunakanlah lotion pembersih wajah sebelum Anda tidur, hal ini penting dilakukan mengingat lotion pembersih memegang peran penting dalam menghilangkan debu dan make up yang masih menempel diwajah. Jadi sebelum Anda tidur, usap kulit wajah Anda menggunakan lotion pembersih untuk mencegah jerawat dan mengatasi jerawat agar tidak tumbuh semakin parah. Kegunaan lotion pembersih adalah untuk membantu kulit wajah melakukan metabolisme dengan baik. Saat pagi hari setelah Anda bangun segera cuci muka Anda dengan air bersih.

2. Madu
Madu dikenal sebagai obat yang baik untuk mengatasi jerawat dan mencegah iritasi kulit diwajah. Madu merupakan anti biotik alami yang meredakan peradangan kulit dan membunuh bakteri. Apabila Anda ingin menggunakan madu sebagai alat untuk menghilangkan jerawat, Anda bisa mengoleskan madu asli dibagian wajah kemudian Anda diamkan beberapa saat setelah itu bilas dengan air hangat agar kulit wajah sehat.

3. Masker kayu manis dan madu
Perpaduan antara kayu manis dan madu untuk dijadikan sebagai masker wajah penghilang jerawat dirasa cukup ampuh. Anda bisa mengoleskan 2 bahan alami ini diseluruh bagian wajah, terutama dibagian yang terkena jerawat. Caranya mudah, campurkan kayu manis bubuk kedalam madu asli, aduk hingga rata dan oleskan. Anda bisa menggunakan masker alami ini saat malam hari menjelang akan istirahat malam agar masker tersebut bekerja maksimal untuk mengembalikan kulit wajah Anda menjadi mulus tanpa jerawat.

4. Es batu
Es batu memang memiliki kemampuan untuk menjaga kulit lebih sehat. Masih gak percaya ? ya biasanya es batu digunakan dalam minuman, namun kali ini kita belajar bahwa es batu pun bisa menjadi alternatif penyembuh jerawat. Caranya pun mudah, cukup ambil es batu kemudian Anda potong menjadi beberapa bagian, potongan tersebut dimasukkan kedalam sapu tangan atau handuk kecil, kemudian Anda oleskan pada seluruh bagian wajah terutama yang terdapat luka jerawat. Setelah itu diamkan beberapa saat. Lakukan treatmen ini selama beberapa waktu, manfaat dari es batu adalah meredaka iritasi dan peradangan akibat infeksi dikulit wajah.

5. Pasta gigi
Selain mampu membersihkan gigi dan membuat gigi jadi bersih, pasta gigi bisa menghilangkan jerawat dengan baik. Bila Anda memiliki jerawat, Anda bisa menggunakan pasta gigi sebagai obat luar untuk menghilangkan jerawat diwajah. Ambil sedikit pasta gigi kemudian oleskan pada bagian jerawat, tunggu beberapa saat setelah itu bilas dengan air bersih. Manfaat pasta gigi adalah menghilangkan bakter penyebab jerawat.

6. Daun kemangi
Daun kemangi selain enak disantap saat makan juga baik untuk menghilangkan jerawat loh. Mau tau caranya ? Jadi bila Anda ingin menggunakan daun kemangi sebagai obat alami, cobalah ambil daun kemangi dan rendam didalam air hangat. Setelah itu ambil kapas dan celupkan pada air yang berisi daun kemangi. Perlahan usapkan kapas tersebut dibagian yang terdapat jerawat, dengan demikian bakteri yang masih menginfeksi kulit wajah Anda akan hilang. Daun kemangi memiliki kemampuan untuk menghilangkan bakteri dan meredakan radang dikulit.

7. Jus jeruk
Ehem seger banget ya minum jus jeruk ? Selain banyak nutrisi, ternyata jus jeruk bisa menjadi obat penghilang jerawat loh. Caranya pun mudah, Anda bisa menghaluskan jeruk kemudian Anda gunakan jsu tersebut sebagai masker wajah agar vitamin C dalam jeruk menutrisi kulit wajah dan membuat wajah lebih bersih dan terbebas dari jerawat.

8. Pepaya
Setelah jeruk yang bisa mengobati jerawat, buah selanjutnya yang memiliki kemampuan sama adalah pepaya. Pepaya kaya akan vitamin C dan A yang bisa menghilangkan jerawat secara alami. Cara menggunakan pepaya adalah dengan melembutkan daging pepaya kemudian dioleskan pada wajah, hal ini bertujuan untuk meredakan peradangan dan menyembuhkan luka jerawat.

9. Pisang
Pisang selain memiliki rasa yang manis dan enak ternyata memiliki kemampuan untuk menghilangkan jerawat. Pisang memiliki antioksidan yang bisa menyembuhkan jerawat dan mencegah datangnya jerawat di wajah akibat penyumbatan pori-pori. Cara menggunakannya adalah dengan mennghaluskan pisang dan pisang dijadikan masker buah untuk mengatasi masalah jerawat.

10.  Lidah buaya
Cara ketigabelas untuk menghilangkan jerawat adalah dengan menggunakan lidah buaya. Lidah buaya memberikan efek sejuk dan segar pada kulit wajah serta mengatasi masalah jerawat. Lidah buaya memiliki sifat anti radang yang membuat kulit wajah menjadi sehat dan tidak berjerawat.

11. Bawang putih
Bumbu dapur satu ini memiliki kemampuan untuk menghilangkan jerawat loh. Perlu Anda tahu bahwa bawang putih memiliki zat yang bisa membunuh bakteri dan meredakan kulit wajah agar tidak berjerawat.

12. Aspirin
Obat jerawat selanjutnya adalah aspirin, aspirin berguna untuk meredakan radang kulit dan membuat jerawat kempes secara efektif. Cara penggunaannya adalah ambil serbuk aspirin kemudian Anda oleskan pada wajah.

13. Baking soda
Setelah aspirin, baking soda yang biasa digunakan dalam pembuatan roti memiliki kemampuan sama yaitu menghilangkan jerawat. Caranya dengan membuat baking soda sebagai masker dengan sedikit tetesan jeruk. Oleskan pada wajah agar baking soda mampu meredakan radang kulit yang menyebabkan jerawat.

14. Lemon
Lemon dipercaya dapat menyembuhkan jerawat, selain kandungan vitamin c yang baik untuk kesehatan kulit, lemon mampu menutrisi kulit dan menyembuhkan luka jerawat. Cara mengobati jerawat dengan lemon adalah teteskan sari lemon dibagian yang berjerawat, setelah beberapa saat bilas dengan air bersih.

Demikian adalah 14 cara alami untuk menghilangkan jerawat, selanjutnya kami akan membagikan informasi mengenai obat ampuh penghilang jerawat. Penasaran ? ayok kita bahas bersama.

Setelah Anda mengetahui beberapa cara mengobati jerawat menggunakan bahan alami, kali ini kita akan menyampaikan kabar gembira bagi Anda semua, tahukah Anda bahwa ada obat jerawat yang mampu menghilangkan jerawat dalam waktu cepat ? obat jerawat satu ini dibuat dari bahan-bahan alami dengan racikan para ahli kecantikan untuk mengatasi masalah jerawat. Bagi Anda yang ingin segera memiliki kulit mulus dan bersih tanpa jerawat bisa menggunakan obat jerawat sebagai solusinya. Salah satu keunggulan dari obat jerawat adalah menghilangkan jerawat tanpa rasa sakit, tanpa menyebabkan iritasi kulit dan harganya yang tidak terlalu mahal. Bila Anda menggunakan obat jerawat dipastikan wajah Anda mulus dalam sekejap. Dibandingkan dengan cara alami di atas, penggunaan obat jerawat jauh lebih efektif dan efisien, selain lebih cepat, produk ini juga aman digunakan karena telah terbukti membantu menghilangkan jerawat dengan baik.

Buat yang masih ragu, boleh deh nyoba obat jerawat kali aja dan rasakan perbedaaannya. Anda tidak perlu khawatir jika obat jerawat adalah produk abal-abal, atau mungkin Anda ragu karena belum merasakan efeknya. Eits tunggu dulu, udah banyak yang pake dan alhasil wajah mereka mulus seperti gadis korea. Kalo mereka sudah mencoba, sekarang giliran Anda ! dapatkan kulit putih bersih bebeas jerawat hanya dalam 1 solusi, obat jerawat cara tepat menghilangkan jerawat.

Demikian adalah paparan lengkap tentang cara menghilangkan jerawat, baik menggunakan cara alami dan menggunakan obat yang terbuat dari bahan alami. Semoga informasi yang kami sampaikan bermanfaat dan membuat para pembaca memiliki referensi baru seputar dunia jerawat. Jangan lupa, jaga kesehatan wajah Anda, jangan salah pilih obat ya, wajah cantik dan bersih adalah investasi paling berharga.